-->

Tidak Ada Yang Mustahil Bagi Tuhan "Lukas 1 : 26-37"

Syalom sobat sekalian, kali ini beta gabe horas akan menulisakan renungan bagi untuk tetap dalam kerendahan hati dan selalu mensyukuri kasih dan setia dari Allah yang selalu hadir bagi kita. Renungan ini berjudulkan Tidak Ada Yang Mustahil Bagi Tuhan "Lukas 1 : 26-37", untuk mengetahui lebih lanjut silahkan simak dengan sebagai berikut ini.

Tidak Ada Yang Mustahil Bagi Tuhan "Lukas 1 : 26-37". Dalam pemberitaan Nats ini dapat kita lihat bagaimana perjumpaan Malikat Gabriel dengan Maria. Perjumpaan ini merupakan sebuah pertemuan yang sangat luar biasa, karena hal seperti ini adalah pertemuaan yang tidak dapat dialami semua manusia. Malaikat Gabriel menyapa Maria: "Syalom" yang berarti ada berita sukacita dan damai sejahtera. Renungan HKBP 22 Desember 2019.
Tidak Ada Yang Mustahil Bagi Tuhan "Lukas 1 : 26-37"

Tidak Ada Yang Mustahil Bagi Tuhan "Lukas 1 : 26-37"

Dalam pemberitaan Nats ini dapat kita lihat bagaimana perjumpaan Malikat Gabriel dengan Maria. Perjumpaan ini merupakan sebuah pertemuan yang sangat luar biasa, karena hal seperti ini adalah pertemuaan yang tidak dapat dialami semua manusia. Malaikat Gabriel menyapa Maria: "Syalom" yang berarti ada berita sukacita dan damai sejahtera.

Maria terkejut atas pesan yang disampaikan Gabriel dan menantikan bentuk sukacita apakah yang akan dimilikinya. Nas ini tidak menyebutkan ekspresi Maria saat menerima pesan ini, dan bukan tidak mungkin Maria tertawa terbahak-bahak, karena ia belum bersuami dan ia juga tidak melakukan perzinahan. Namun, karena pesan ini bersumber dari dan kehendak Tuhan, maka Maria membiarkan berita tersebut menguasai dirinya.

Pesan utama yang disampaikan malaikat Gabriel adalah akan terjadinya dua peristiwa yang tidak masuk logika manusia pada zaman itu dan saat ini.

Pertama. Maria belum bersuami tetapi akan mengandung dan melahirkan seorang anak. Pesan ini bukan membuat Maria takut, karena selain ia belum bersuami, kejaidan lahirnya seorang bayi tidak akan terjadi pada daerah yang budayanya masih terpelihara dengan baik. Maria sadar benar bahwa ia tidak ada melanggar norma masyarakat. Namun, Maria juga adalah orang yang percaya pada Tuhan, sehingga baginya suatu peristiwa dapat saja terjadi jika Tuhan yang berkehendak.

Kedua. Elizabet akan melahirkan. Elizabet adalah saudara Maria. Elizabat menikah dengan Yohanes. Tetapi sampai pada usia wajar, mereka belum memiliki keturunan. Maka pesan ini juga tentu mencengangkan Maria. Dalam hal ini malaikat Gabriel memberi pesan yang sudah mendekati logika karena disebutkan Elizabet sudah mengandung enam bulan. Malaikat Gabriel mengakhiri pesannya "Sebab bagi Allah tidak ada yang mustahil". 

Maria menerima kemustahilan ini dengan segala kerendahan hati, "Sesungguhnya aku ini adalah hamba Tuhan, jadilah pada ku menurut perkataanmu itu." Kemustahilan yang akan terjadi tidak membuat Maria tumbuh menjadi 'sombong rohani' tetapi ia makin merendahkan hati. Ia hanyalah hamba. Maria siap menerima segala yang Tuhan perbuat baginya dan segala yang terjadi baginya akan diterima sebagai sesuatu yang baik. Selebihnya, Maria menyimpan segala perkara itu di dalam hatinya dan merenungkannya (Lukas 2:19).

Berita yang disampaikan malaikat Gabriel kepada Maria ini menunjukkan bahwa kelahiran Yesus Kristus merupakan Kuasa Allah. Allah menggunakan manusia sebagai alat-Nya dan Allah bekerja di luar logika manusia. Allah membuat segala kemustahilan supaya manusia percaya akan kemahakuasaan-Nya.

Disegala situasi dalam hidup ini marilah kita belajar untuk memiliki sikap seperti Maria yang percaya kepada Tuhan dan memiliki penyerahan penuh kepada-Nya. Kata 'tidak ada yang mustahil' berarti tidak ada sesuatupun yang tak sanggup Allah kerjakan dalam kehidupan manusia karena Dia adalah Allah yang ajaib dan perbuatan-perbuatan-Nya heran, serta sulit untuk kita pahami (bnd. Yesaya 55:8-9). Kini kuasa itu diberikan kepada setiap orang yang percaya kepada-Nya! Dengan kuasa itu kita beroleh kekuatan untuk hidup dalam kebenaran melayani Tuhan."Amin".

Referensi : Renungan HKBP 22 Desember 2019

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel