-->

Roh Kudus Yang Menghidupkan "Roma 8:9-11"

Shalom saudara bagi saudara-saudara terkasih semua, Apakah semua dalam keadaan sehat ? Semoga kasih Tuhan selalu menyehatkan jiwa dan raga kita karena berkat disetiap hari yang diberi oleh Tuhan kepada kita. Didalam artikel ini akan tersaji mengenai renungan dari Roma 8:9-11 dengan judul Roh Kudus yang menghidupkan, nah semoga renungan ini dapat menjadi berkat kita semua, nah silahkan simak renungan dibawah ini.


Roh Kudus Yang Menghidupkan "Roma 8:9-11"

Dalam nats khotbah ini Paulus menguraikan dua golongan orang yaitu mereka yang hidup menurut daging (tabiat berdosa) dan mereka yang hidup menurut Roh. Hidup "menurut Roh" ialah mencari dan tunduk kepada pimpinan dan kemampuan Roh Kudus dan memusatkan pikiran pada hal-hal dari Allah. 

Paulus mengatakan bahwa tidak mungkin seseorang untuk mengikuti hukum daging dan pimpinan Roh pada saat yang bersamaan (Rom. 8:7-8; Gal. 5:17-18). Jikalau seorang gagal melawan keinginan dosa (Rom. 8:13), dia menjadi seteru Allah (Rom. 8:7; Yak 4:4) dan dapat menantikan kematian rohani yang kekal (Rom. 8:13).

Semua orang percaya sejak saat menerima Yesus Kristus sebagai Juruselamat dan Tuhan, memiliki Roh Kudus yang berdiam dalam mereka (bd. 1 Kor. 3:16; Ef. 1;13-14). Orang-orang yang hidup menurut daging adalah orang-orang yang siduk dengan segala sesuatu yang berhubungan dengan hidup penuh dosa. 

Orang yang hidup menurut Roh adalah orang-orang yang hidup dengan segala sesuatu yang berkenan dengan hidup menurut pimpinan kuasa Roh. Orang-orang yang hidup menurut daging tidak akan dapat menyenangkan hati Allah. Orang yang hidup dalam Roh akan selalu berfikir dan bertindak seturut dengan Roh tersebut yang memberikan kehidupan karena dengan Roh dia mematikan perbuatan-perbuatan daging. 

Orang hidup dalam kedagingan adalah orang-orang yang masih hidup dalam manusia lama, sedangkan orang-orang yang hidup dalam roh adalah orang-orang yang sudah menanggalkan manusia lamanya dan hidup dalam manusia baru.

Oleh sebab itu sebagai orang beriman, di Hari Pentakosta ini hendaknyalah kita mampu keluar dari manusia lama kita dengan mengalahkan semua kuasa daging dan hiduplah dengan dipimpin oleh Roh Kudus dengan hidup seturut dengan kehendak Tuhan, Karena hanya dengan kuasa Roh Kuduslah kita mampu mengubah hidup kita menjadi seturut kehendak Tuhan. 

Orang-orang yang hidup dalam Roh atau orang-orang yang hidup dalam manusia baru adalah orang-orang yang hidup dalam belas kasihan, kemurahan, kerendahan hati, kelemahlembutan, dan kesabaran, mau mengampuni seorang akan yang lain, mengenakan kasih sebagai pengingat yang mempersatukan dan menyempurnakan.

Semua pengikut Kristus telah dipenuhi dan diurapi Roh Kudus untuk meneguhkan panggilan-Nya. Pengurapan Roh Kudus akan memampukan untuk melakukan lebih dari apa yang kita telah lakukan. Ia juga memampukan kita menyampaikan firman Allah meski ada tantangan, memberikan hikmat dalam berkata-kata tenteng injil, sehingga kita bisa bersaksi tentang injil. Amin.


Referensi : Renungan HKBP 09 Juni 2019

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel