-->

Hidup Beriman Dan Berhikmat "Yakobus 1: 2-12"

Shalom saudara bagi saudara-saudara terkasih semua, Apakah semua dalam keadaan sehat ? Semoga kasih Tuhan selalu menyehatkan jiwa dan raga kita karena berkat disetiap hari yang diberi oleh Tuhan kepada kita. Didalam artikel ini akan tersaji mengenai renungan dari Yakobus 1: 2-12 dengan judul Hidup Beriman Dan Berhikmat, nah semoga renungan ini dapat menjadi berkat kita semua, nah silahkan simak renungan dibawah ini.


Hidup Beriman Dan Berhikmat "Yakobus 1: 2-12"

Yakobus dalam suratnya ini memberi nasihat kepada orang percaya untuk dapat mempertahankan kepercayaan di hadapan Allah, kalaupun di dalam perjalanan hidupnya harus berhadapan dengan berbagai kesulitan dan cobaan. 

Selama kita masih hidup di dunia ini masalah sepertinya datang silih berganti, yang seringkali membuat kita merasa tidak mampu menghadapinya. Jadi apabila saat ini kalau kita berpikir bahwa kita bisa menjalani hidup ini tanpa masalah, itu berarti kita sendiri ada di dalam masalah, karena telah memiliki pola pikir yang salah. 

Tidak mungkin manusia hidup di dunia ini tanpa masalah. Dengan pemahaman ini kita akan semakin mengerti bahwa setiap masalah yang datang kita harus tetap menghadapinya dengan penuh tanggung jawab dan berjuang dalam menghadapinya dengan tekun, karena sesulit apapun masalah yang kita hadapi, di dalam Tuhan kita Yesus Kristus, pasti ada jalan keluarnya.

Firman Tuhan mengajarkan kita supaya menganggap sebuah masalah sebagai suatu kebahagiaan. Yakobus 1:2 "Saudara-saudaraku, anggaplah sebagai suatu kebahagiaan, apabila kamu jatuh ke dalam berbagai-bagai pencobaan." 

Mungkin kita berkata bagaimanan mungkin kita bisa menganggap setiap masalah sebagai suatu kebahagiaan ? Selama ini kita telah memiliki pola pikir yang salah, dimana yang kita inginkan hanyalah hidup tanpa masalah. 

Padahal dibalik sebuah masalah sesungguhnya kita sedang dididik, kita sedang diajar oleh Tuhan, supata kita lulus dalam ujian terhadap iman percaya kita kepada Tuhan. Karena dengan ujian itu maka kita akan semakin bertekun. Yakobus 1;3-4 :
" Sebab kamu tahu, bahwa ujian terhadap imanmu itu menghasilkan ketekunan. Dan biarkalah ketekunan itu memperoleh buah yang matang, supaya kamu menjadi sempurna dan utuh dan tak kekurangan suatu apapun."
Kita harus sabar mulai saat ini. Tuhan menginginkan kita menjadi sempurna sama seperti Kristus. Jadi apapun yang sedang terjadi dalam hidup kita saat ini, kita akan tetap berkata kepada Tuhan :
" Terimakasih Tuhan untuk segala persoalan hidup yang harus saya hadapi saat ini. "
Memiliki sikap hidup seperti ini, kita akan menjadi pribadi yang dikehendaki oleh Tuhan yaitu orang yang tahu mengucap syukur di dalam segala hal. Tuhan tidak membiarkan kita sendiri. Oleh sebab itu saat kita menghadapi masalah mintalah hikmat Tuhan yang akan menuntun kita untuk menyelesaikan segala persoalan yang kita hadapi.

Kita harus belajar menjadi dewasa dalam imam percaya kita kepada Tuhan. Karena apabila kita tidak menjadi dewas dalam iman percaya kita kepada Tuhan, maka jangan pernah berharap Tuhan akan dengan mudahnya mengubah hidup kita. Dengan menjadi dewasa dalam iman percaya kepada Tuhan, kita akan semakin mengerti apa yang menjadi kehendak Tuhan dalam hidup kita. Amin

Referensi : Renungan HKBP 21 Juli 2019

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel